Cara menginstall SLIMS di Localhost


Hallo teman-teman ....

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Senayan Library Management System atau SLIMS pada komputer atau laptop kita. Berikut caranya :

Siapkan software xampp atau download Disini
Siapkan juga aplikasi opensource SLIMS, bisa didownload Disini versi terbarunya.
Dibawah ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara menginstall software xampp, saya anggap anda sudah paham bagaimana menginstall software tersebut. Mungkin diantara teman-teman masih belum mengerti atau sering error saat menginstall software slims.

Oke .. jika xampp sudah terinstall sepenuhnya sekarang anda pastikan bahwa xampp controller sudah aktif semuanya, seperti gambar dibawah ini :



Setelah anda download software slims sekarang anda ekstrak ke folder xampp > htdocs > senayan. Setelah terinstall semuanya, terlebih dahulu anda buat database (DB). Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka browser (IE, Mozilla, Opera, Chrom).
  2. Ketikkan di addressnya http://localhost/phpmyadmin
  3. Kemudian buat database baru, misal senayan
  4. Untuk saat ini cukup dulu, tapi jangan lupa anda harus ingat nama database slims anda.

Sekarang anda buka browser kembali dengan mengetikkan di addressnya dengan alamat ini http://localhost/senayan, maka akan muncul pesan "Error Connecting to Database. Please check your configuration". Pesan itu menandakan bahwa senayan kita belum dikonfiguasi kedatabasenya. Sekarang anda cari file "Sysconfig.inc.php" di xampp >htdocs > senayan. Buka dengan bantuan notepad atau sejenis nya, trus edit seperti ini :
define('DB_HOST', 'localhost');
define('DB_PORT', '3306');
define('DB_NAME', '......');  ---> sesuaikan
define('DB_USERNAME', '........');   -----> sesuaikan
define('DB_PASSWORD', '........');   -----> sesuaikan
Setelah semua konfigurasi yang diminta sudah diubah sekarang anda refresh atau tekan F5 pada keyboard dibrowser anda. Dan tunggu hasilnya .

Jreeeeeeeeeeeeennggg .... website perpustakaan slims anda sudah berjalan.