Halaman dalam SLIMS


Saya akan menjelaskan beberapa halaman didalam Senayan Library Management System (SLIMS). Slims mempunya dua halaman penting yaitu halaman OPAC dan halaman Admin. Penjelasannya sebagai berikut :
  1. Halaman OPAC adalah kepanjangan dari Online Public Access Catalog yang berfungsi untuk menampilkan halaman depan dari sebuah website slims.
  2. Halaman Admin adalah halaman sistem untuk mengubah atau menambah buku, anggota, dan sirkulasi yang sedang terjadi.
Baiklah dibawah ini saya akan menjelaskan menu di halaman OPAC :
  1. Home/Beranda depan, adalah halaman index atau halaman pertama dari sistem perpustakaan
  2. Info Perpustakaan, adalah halaman detail informasi perpustakaan yang kita punya
  3. Bantuan Pencarian, adalah halaman pencarian buku-buku yang akan kita cari
  4. Member Area, adalah halaman dimana setiap peserta (siswa,mahasiswa atau umum) bisa melihat sirkulasi mereka sendiri.
Dibawah ini saya akan menjelaskan modul-modul yang terdapat pada halaman admin :
  1. Bibliografi, adalah halaman untuk menginputkan data-data buku kedalam sistem perpustakaan, mencetak label, mencetak barcode, import dan eksport data-data bibliograpi.
  2. Sirkulasi, adalah halaman memulai transaksi simpan pinjam buku-buku diperpustakaan. Didalam sirkulasi inilah semua simpan pinjam buku dilakukan sampai dengan denda yang di kenakan.
  3. Keanggotaan, adalah halaman untuk mencatat para pustakawan yang ingin mendaftar. Dimenu keanggotaan/member ini juga terdapat type keanggotaan (siswa,mahasiswa,guru,karyawan,dll), kartu anggota yang dapat dicetak menggunakan barcode, imprort dan eksport data anggota.
  4. Master File, berisi data-data buku secara umum seperti GMD, Penerbit, Penyedia, Pengarang, Subjek, Lokasi, dll.
  5. Inventarisasi Koleksi/Stock Take.
  6. Sistem, berguna untuk mengatur sistem yang ada pada slims misal pengaturan konfigurasi sistem, konten, modul, penggunaan aplikasi, kelompok pengguna, hari libur serta log sistem.
  7. Pelaporan/report, adalah semua transaksi yang sedang dan sudah terjadi akan dicatat pada pelaporan ini mulai dari pelaporan statistik koleksi, laporan peminjaman, serta laporan anggota. Pada slims Matoa sekarang bentuk pelaporannya sudah menggunakan diagram Piee.
  8. Terbitan Berseri