Perbedaan Nayanes dan UCS

NAYANES itu diambil dari kebalikannya SENAYAN, coba deh eja dari belakang dan perhatikan huruf-hurufnya. Si User tidak perlu menghapal alamat URL masing-masing perpustakaan, mereka cukup mengetikkan kata kunci yang mereka inginkan, maka Nayanes akan membantu user mencari kata kunci tersebut ke berbagai katalog online perpustakaan.

Apa Beda Nayanes dengan UCS?

Sebenarnya sih kalau dilihat dari tujuannya kepada user boleh dibilang sama, memudahkan user untuk mencari informasi katalog perpustakaan melalui satu pintu. Tapi bedanya UCS itu agak sdikit ribet, dimana masing2 perpustakaan harus mengirim data katalognya ke server UCS. Dan server UCS pun meregistrasi terlebih dahulu perpustakaan-perpustakaan yang akan bergabung ke server UCS.

Nah kalau Nayanes, ngga seribet itu. Mereka yang ditugasin buat mengelola Nayanes, cukup memasukkan setiap alamat URL katalog online perpustakaan di konfigurasi Nayanes. Setelah itu, baru Nayanes dapat digunakan sebagai mesin pencarian ke berbagai katalog online perpustakaan. Contohnya begini. Kita sebagai pengelola/penyedia Nayanes menyiapkan aplikasi ini, kedmuian dalam konfigurasinya kita memasukkan 5 alamat URL katalog online perpustakaan. Maka hasilnya apabila ada user mencari kata kunci ”manajemen keuangan” pada mesin penelusuran yang ada di Nayanes, maka Nayanes akan mencari kata tersebut ke 5 katalog online perpustakaan.